Hal Penting Dalam Pembuatan Dokumen di Konsultan UKL UPL

Hal Penting Dalam Pembuatan Dokumen di Konsultan UKL UPL

hal-penting-dalam-pembuatan-dokumen-di-konsultan-ukl-upl

Dalam pembuatan usaha yang baru, diperlukan pembuatan ukl upl di konsultan UKL UPL. Peraturan Pemerintah  No.27 tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup memperlihatkan begitu pentingnya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup yang berhubungan dengan setiap jenis usaha atau kegiatan yang bisa berkemungkinan merusak ataupun mempengaruhi lingkungan. Mengingat fungsi yang dari dokumen UKL UPL yang teramat sangat penting maka ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembuatannya ke konsultan UKL UPL.

Saat meminta konsultan UKL UPL untuk membuatkan dokumen UKL UPL ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam proses pembuatan. Pada dasarnya, dalam pembuatan dokumen UKL UPL ada tiga tahap rencana kegiatan yang harus dilakukan. Ketiga kegiatan tersebut adalah Pra Kontruksi, Konstruksi dan Pasca Kontruksi atau operasi. Ketiga tahapan ini haruslah diperhatikan untuk mendapatkan dokumen UKL UPL yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan anda. Dokumen UKL UPL yang baik akan membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan untuk perusahaan dan juga untuk lingkungan daerah perusahaan Anda.

Untuk tahap pra konstruksi adalah tahap awalan dimana pembuatan UKL UPL akan dilakukan. Dalam tahap ini, Anda harus melaporkan segala hal yang dibutuhkan untuk pembuatan UKL dan UPL secara baik dan benar. Segala hal yang dibutuhkan oleh konsultan UKL UPL harus anda laporkan sesuai dengan fakta dari perusahaan anda. Misalnya saja dokumen atau data-data yang dibutuhkan seperti luas perusahaan, kondisi daerah lingkungan, kemungkinan dampak, limbah yang dihasilkan dan beberapa data lainnya. Laporkan segala hal dengan benar untuk mendapatkan dokumen UKL UPL yang akan menguntungkan bagi Anda.

Setelah tahapan pertama selesai, berikutnya Anda akan lanjut ke tahapan proses yang kedua yaitu kontruksi. Kontruksi yang berarti disini adalah bagaimana rencana pembuatan segala rancangan yang telah dibuat pada UKL UPL. Hal yang paling penting untuk anda amati pada saat proses kontruksi adalah perhatikan segala cara pengelolaan yang telah dirancang pada UKL UPL apakah sesuai dengan perusahaan anda ataupun tidak. Dokumen UKL UPL untuk perusahaan rumahan seperti pabrik tahu, tempe pasti akan berbeda dengan dokumen UKL UPL yang memiliki hubungan dengan perusahaan yang bergerak pada bidang perumahan. Pastikan juga jika dalam pelaksanaannya nanti, segala hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan perusahaan anda bisa berjalan seimbang dengan baik.

Tahapan terakhir adalah tahap pasca kontruksi atau operasi. Dalam tahapan ini berarti anda tinggal melaksanakan segala hal yang sudah direncanakan pada dokumen UKL UPL anda. Pada tahapan ini hal yang terpenting untuk Anda lakukan pastilah melakukan segala kententuan pada dokumen UKL UPL. Setelah Dokumen dibuat, pemerintah pun juga akan ikut untuk mengawasi perusahaan dan lingkungan Anda. Oleh karena itu, lakukan segala hal dengan benar dan sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan.